Aturan-Aturan Dasar Kalau Mau Sukses Menjalankan Program Diet

Sebenarnya aturan dalam program diet itu sama saja, yakni membatasi makanan yang berpotensi membuat tubuh gemuk. Sebagai gantinya, makanan yang lebih banyak dikonsumsi adalah makanan yang bisa memberikan dampak pada pembakaran lemak.

Selain itu, waktu dan cara makan juga ikut berperan dalam hal penurunan berat badan. Jadi, jika salah satu aturan ini tidak dilakukan, maka keberhasilan dalam melunturkan lemak akan semakin kecil.

Di sini, kami akan mengulas terkait aturan-aturan yang sebaiknya dipatuhi ketika melakukan diet penurunan berat badan. Tujuannya tentu supaya Anda berhasil. Apa saja peraturannya?

Makan Dengan Teratur

Makan dengan teratur ini cukuplah penting dalam program semacam diet ini. Betapa tidak, cara demikian membuat Anda terbiasa serta disiplin dalam menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Cara ini berkaitan dengan waktu Anda makan. Normalnya ada 3 kali waktu untuk makan. Yakni pagi, siang dan malam.

Anda tidak dianjurkan melewatkan salah satu jam makan tersebut. Jika Anda terburu-buru, minimal Anda mengkonsumsi cemilan/makanan instan yang sehat seperti oatmeal.

Perkecil Porsi Makan

Memeriksa jumlah asupan memang agak sulit. Tapi mengurangi jumlah makanan akan tampak lebih mudah. Caranya adalah dengan memperkecil porsi makanan.

Jika dulunya menyantap makanan satu piring penuh, saat ini Anda ubah dengan mengurangi jumlahnya. Misalnya menjadi setengahnya.

Kalau dirasa kurang, coba ganti tempat makannya. Misalnya dari piring ke mangkuk kecil. Karena biasanya otak akan merespon kalau Anda sudah mengkonsumsi makanan penuh padahal di mangkuk kecil.

Biasakan Makan Lebih Tenang

Mengkonsumsi makanan itu untuk memberikan apa yang tubuh butuhkan. Kurang dan lebihnya nutrisi tentu bermasalah.

Caranya mengetahui kalau Anda mengkonsumsi makanan pas sebenarnya mudah. Yaitu ketika Anda merasa kenyang.

Permasalahannya, kadang Anda bisa menghabiskan makanan besar, baru kemudian merasa sangat kenyang sekali. Itu adalah kesalahan yang paling kuno dilakukan orang.

Ingat, respon otak cukup lambat dalam hal mengetahui perut kenyang atau tidak selama makan. Makanya, kadang orang merasa sangat kekenyangan berselang beberapa menit sehabis makan.

Cara paling baik untuk menghindari kekenyangan adalah makan lebih tenang. Ga perlu terburu-buru dalam makan. Cukup nikmati setiap suapannya, kunyah dengan lembut baru telan. Biarkan otak bisa memahami aktifitas perut dalam menyimpan makanan.

Pahami Hal Yang Menyebabkan Anda Ingin Makan

Aturan terakhir adalah memahami sebab-sebab Anda suka makan. Selain lapar tentu ada sebab lain yang membuat Anda ingin makan apapun.

Salah satu contohnya adalah depresi. Di balik depresi ini juga ada penyebab lainnya. Jadi, coba pahami apa saja penyebabnya, kemudian cobalah untuk menghindarinya.

Kemudian yang tak kalah penting adalah bersihkan isi kulkas. Minimal cukup sediakan air mineral saja di dalamnya. Demikianlah aturan-aturan yang bisa membantu dalam menyukseskan program diet Anda.

Posted in Tips Cara Diet Sehat Alami Tagged with: , ,