Berat Badan Menurun, Seperti Apa Rahasianya?

Berat Badan Menurun, Seperti Apa Rahasianya?

 

Berat badan menurun beberapa kilo di tiap bulannya bisa saja terjadi, namun sebaiknya penurunan tersebut harus wajar. Yakni di kisaran 1 kg saja.

Berat badan yang turun drastis bukanlah kabar menggembirakan. Bisa jadi, kondisi ini terjadi karena Anda mengalami masalah kesehatan.

Kalaupun turun lebih banyak di tiap bulannya, mungkin Anda menjalani sebuah diet khusus. Cuma, program yang dijalankan terkadang menyakiti diri sendiri. Contohnya adalah diet tanpa makan sampai beberapa jam di tiap harinya.

Kami sarankan Anda untuk tidak melakukannya. Selain menyakiti diri sendiri, resikonya juga besar. Misalnya tidak bertenaga sama sekali sehingga kewajiban yang mungkin dilakukan di tiap harinya takkan pernah selesai.

Cukup terapkan cara yang sewajarnya saja. Minimal Anda punya rencana matang, konsisten mendapati tubuh turun 1 kg di tiap bulannya. Itu sudah cukup, dan tentunya jauh lebih aman untuk tubuh.

Mengenai bagaimana cara Anda melakukannya, coba terapkan langkah-langkah berikut ini. Minimal, Anda bisa turun 1 kg, atau bisa juga lebih banyak tanpa mengesampingkan kondisi kesehatan.

Pelajari Berapa Jumlah Kalori Harian

Jika dilihat dari sini, menurunkan berat badan dilatarbelakangi oleh masuknya asupan makanan itu sendiri. Contohnya adalah kalori.

Kalori sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi utamanya untuk menciptakan energi setelah tubuh memprosesnya.

Cuma, kalori ini tidak boleh berlebihan di dalam tubuh. Jika kalori masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang besar, kalori tersebut akan tersimpan. Akibatnya, timbul timbunan lemak pada bagian tubuh.

Normalnya, lemak akan menggelambir pada bagian paha, dagu, lengan untuk wanita. Sementara bagi lelaki, lemak terlihat jelas pada bagian perut.

Jika ingin mengecilkan lingkar perut yang membuncit, Anda perlu mengatur jumlah pasokan kalori. Misalnya dengan memenuhi kebutuhan kalori harian saja. Jangan sampai lebih.

Lakukan Pijatan Pada Area Berlemak

Pijatan tidak hanya membuat otot-otot tubuh lebih relax, tapi juga bermanfaat untuk proses penurunan berat badan.

Pijatan kecil pada area yang berlemak sebenarnya punya keunggulan sendiri. Keunggulannya adalah untuk membantu dalam pelepasan lemak/kalori.

Pelepasan lemak ini berasal dari area di bawah kulit. Dan pelepasan ini memungkinkan terjadinya pembakaran yang akhirnya membuat lemak mulai menjauh dari tubuh.

Bakar Kalori Dengan Aktifitas Fisik

Menurunkan berat badan tanpa olahraga nampaknya tidak ideal. Karena olahraga sendiri bersifat membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

Bisa dibayangkan, jika kalori yang tertimbun tidak pernah dibakar, sudah pasti kalori akan tersimpan menjadi lemak tubuh.

Setidaknya, jika Anda mau mengembalikan bentuk ideal tubuh, bakarlah kalori yang tersimpan di tubuh dengan melakukan aktifitas fisik.

Aktifitas fisik ini bisa dilakukan 30 menit di tiap harinya. Bahkan Anda bisa memilih aktifitas yang disukai, semisal bersepeda atau jogging.

Intinya, kalori yang masuk harus dibatasi, dan kalori yang tersimpan harus dibakar. Itu adalah kunci dimana berat badan menurun secara normal.

Posted in Cara Menurunkan Berat Badan Tagged with: , , ,