Langkah-Langkah Dalam Menerapkan Program Turun Berat Badan

Langkah-Langkah Dalam Menerapkan Program Turun Berat Badan

Program turun berat badan bisa terealisasi secara maksimal kalau Anda pegang kuncinya. Kuncinya adalah kalori yang masuk lebih kecil dari pada kalori yang dibuang tubuh.

Dalam penerapannya, kasus yang biasa terjadi adalah jumlah kalori yang masuk lebih besar dari pada yang dibuang. Jadi, berat badan akan semakin naik.

Bisa dibayangkan kalau tiap harinya menyimpan 1 kalori misalnya, dalam sebulan kalori akan terakumulasi menjadi 30.

Semakin menumpuknya kalori, maka semakin besar usaha Anda untuk membuangnya. Dan upaya ekstrim terkadang dilakukan, hanya saja berlangsung sementara saja.

Kami tidak tahu berapa besar jumlah kalori, ataupun seberapa parahnya timbunan lemak pada tubuh Anda. Meskipun begitu, langkah-langkah yang diulas ini bisa menjadi gambaran sukses dalam hal penurunan berat badan. Mau tahu?

Pertama, Lakukan Pemeriksaan Terlebih Dahulu

Utamakan tahu terlebih dahulu kesehatan. Hal ini bisa dilakukan dengan berkunjung pada dokter ahli. Tanyakan perihal kesehatan, bahkan kegemukan yang sedang Anda alami.

Jika malas bertanya, paling tidak kenali besaran lemak yang ada di dalam tubuh. Anda bisa menghitungnya sendiri dengan berpatokan standar BMI.

Rumus menghitung berat badan ideal adalah berat badan : (tinggi badan x tinggi badan). Baru kemudian cek hasilnya menurut perhitungan BMI. Apakah termasuk berlebihan beratnya atau tidak.

Kedua, Jogging Tiap Pagi Selama 30 Menitan

Kebiasaan pagi yang sangat bermanfaat untuk menguruskan berat badan adalah jogging. Lari pagi ini nantinya akan membuat Anda berkeringat, dan ini menandai adanya kalori yang terbakar.

Anda bisa berkeliling komplek atau area lain sekitar rumah. Yang penting, Anda berlari di tiap harinya sampai berkeringat.

Ketiga, Minum Air Putih Dulu

Setelah lari pagi, jangan langsung sarapan makanan dulu. Baiknya minum air putih terlebih dahulu.

Minum air putih ini bisa membantu menyengarkan tubuh. Dan yang paling penting adalah bisa membersihkan saluran pencernaan dari toksin.

Semakin bersih saluran pencernaan, maka sistem metabolisme bisa semakin lancar. Dan kelancaran sistem pencernaan bisa menjadi langkah awal untuk mengembalikan tubuh yang ideal.

Keempat, Sarapan Dengan Makanan Kaya Akan Serat

Makanan yang mengandung kalori tetap diperbolehkan, bahkan harus untuk membuat Anda bertenaga di siang hari.

Namun yang harus diingat, asupan kalori ini harusnya dibatasi. Ga boleh sampai berlebihan supaya sisanya tidak disimpan oleh otot ataupun tubuh.

Kemudian imbangi dengan makanan berserat. Makanan jenis ini sifatnya mengikat kalori dan lemak yang akhirnya akan dibawa keluar bersamaan dengan buang air besar. Ini berlaku untuk makan siang dan makan malam.

Kelima, Beristirahatlah Sekitar 8 Jam Tiap Harinya

Istirahat penting untuk jaga kesehatan tubuh. Terutama untuk menjaga kesehatan sistem metabolisme.

Seringnya begadang membuat kinerja sistem metabolisme melambat. Sebaliknya, bisa meningkat kalau Anda istirahat dengan nyaman di malam hari. Paling tidak, 8 jam di tiap hari sudah sangat cukup.

Terakhir, lakukan secara konsisten. Dan lihat hasil yang dicapai dari program turun berat badan ini di tiap bulannya.

Posted in Cara Menurunkan Berat Badan Tagged with: , ,