Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dengan Cepat dan Aman

Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dengan Cepat dan Aman

Menurunkan berat badan setelah melahirkan bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Salah cara bisa-bisa akan berdampak juga terhadap buah hati kesayangan Anda. Untuk itulah Anda harus berhati-hati saat melakukannya.

Setelah melahirkan umumnya berat badan akan naik drastis. Namun sebenarnya situasi seperti itu merupakan situasi yang sangat wajar terjadi.

Namun yang perlu diperhatikan adalah diet setelah melahirkan tidak bisa dilakukan dengan cara yang sembarangan.

Sebab di satu sisi Anda masih harus menyusui sehingga tidak bisa melakukan program diet secara ketat.

Apalagi jika proses kelahiran dilakukan dengan cara sesar. Maka sangat dilarang untuk melakukan olehraga yang tentunya dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

Melihat situasi semacam itu, Anda harus memiliki cara lain supaya setelah melahirkan bisa mengembalikan berat badan ke kondisi yang semula.

Lantas bagaimana cara menurunkan berat badan saat menyusui  dan cara menurunkan berat badan tanpa olahraga?

Untuk caranya, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti di bawah ini:

  1. Perbanyak Jalan Kaki

Kegiatan ini memang nampak sangat sederhana, namun tanpa Anda sadari sebenarnya sangat besar manfaatnya. Memperbanyak jalan kaki ini dapat membakar kalori sehingga berat badan akan cepat turun. Apalagi posisi Anda saat ini adalah setelah melahirkan. Sehingga akan sangat riskan jika proses pembakaran lemak dilakukan dengan olahraga berat. Untuk waktu yang cocok saat melakukan aktifitas ini adalah pada saat pagi dan sore hari.

  1. Menyusui

Tahukah Anda bahwa ternyata menyusui merupakan kegiatan paling efektif untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Kegiatana menyusui ini sama dengan Anda membakar kalori sebanyak 200 sampai 500 per hari. Jumlah ini sama dengan ketika Anda melakukan aktifitas berenang selama beberapa jam atau Anda bersepeda selam satu jam.

  1. Mengubah Pola Makan

Ini sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi dalam hal ini Anda juga diharuskan untuk menyusui si kecil. Jangan sampai Anda tidak memperhatikan kecukupan gizi di dalam makanan yang Anda konsumsi.

Lebih baik Anda makan 3 kali sehari dengan menu yang komplit dari pada makan sebanyak satu kali sehari namun ditambah dengan cemilan manis dan kurang menyehatkan. Contohnya saja seperti snack dan coklat.

  1. Tidur Cukup

Dikarenakan harus merawat si kecil, menyebabkan Anda tidak bisa tidur penuh sebanyak 8 jam setiap malamnya. Namun ternyata kurang tidur seperti ini dapat menghambat usaha Anda untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Untuk itulah usahkan untuk tidur secukupnya supaya usaha Anda keberhasilannya menjadi semakin maksimal.

Memang benar jika menurunkan berat badan setelah melahirkan dengan cepat bisa menjadi lebih sulit dari biasanya namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Posted in Cara Menurunkan Berat Badan Tagged with: ,